Plasebo, obat penyemangat

29 03 2011

Tahukah anda, kadang suatu penyakit tidak membutuhkan obat, karena pada beberapa kasus, kondisi psikologis pasien bisa memperburuk atau sebaliknya dapat meningkatkan kondisi tubuhnya, karena itulah sebagai praktisi kesehatan seperti seorang dokter, perawat, apoteker, serta posisi penting lainnya dituntut untuk dapat memberikan semangat dan dukungan untuk perkembangan pasien.

Dalam obat, dikenal istilah Plasebo, kata ini berasal dari bahasa latin yang artinya “saya ingin menyenangkan”, Plasebo adalah sediaan obat baik dalam bentuk tablet, kapsul maupun sediaan lainnya, yang tidak memiliki aktivitas farmakologi. Plasebo khusus diberikan untuk menyenangkan atau menenangkan pasien yang menurut diagnosa dokter sebetulnya tidak menderita gangguan organis, atau untuk mempertinggi moralnya (dikutip dari OOP [obat-obat penting]). Misalnya pada pasien yang penyakitnya tidak dapat disembuhkan lagi.

Kenapa tidak memiliki khasiat farmakologi?, tentu saja karena plasebo tidak mengandung zat aktif. Zat inaktif dalam plasebo umumnya terdiri dari laktosa dengan dibubuhi sedikit kinin untuk rasa pahit dan seringkali zat warna. Bentuk tablet sebaiknya kecil sekali atau sangat besar dan warnanya mencolok guna menambah efek psikologisnya.

Lebih jauh lagi, selain untuk meningkatkan moral pasien, juga digunakan dalam pengujian klinik suatu obat baru [sebagai pembanding], serta sebagai pelengkap untuk obat yang diminum secara berkelanjutan. Nah, jadi jangan meremehkan kekuatan pikiran.. You’re what you think, Plasebo hanya sebagai media..

sumber :http://blog.pharmacy-science.com


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: