Dibalik baunya, ternyata jengkol memiliki gizi yang tinggi

14 11 2010

Nama jengkol memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita, tanaman yang satu ini memang memiliki ciri khas yaitu baunya.Jengkol yang memiliki nama tanaman asal Archidendron pauciflorum, sinonim: A. Jiringga,Pithecellobium jiringga, dan P.Lobatum) merupakan tumbuhan khas yang banyak tumbuh di Wilayah Asia Tenggara.Misalnya Negara Indonesia,Malaysia, dan Thailand, dan masyarakatnya banyak yang menggemari biji jengkol.Jengkol termasuk tumbuhan dari keluarga polong-polongan atau disebut Fabacea.Buah jengkol berupa polong dan bentuknya gepeng,berbelit spiral, berwarna lembayung tua, biji buah berkulit ari tipis warnanya coklat muda.Meskipun memiliki bau yang tidak menyenangkan /Nourishing tinggi namun bau itulah yang menjadi salah satu ciri yang paling menonjol dari jengkol.

Mengapa jengkol bau?

Bau jengkol sebenarnya disebabkan oleh kandungan asam omino yang terkandung dalam biji jengkol. Asam amino tersebut didominasi oleh asam amino yang mengandung belerang (S) atau belerang umum. Misalnya ketika kita berkunjung ke sebuah kawah yang kandungan sulfurnya tinggi akan tercium bau yang menyerupai bau jengkol. Ketika asam amino terpecah-pecah menjadi komponen yang lebih kecil, asam amino itu akan menghasilkan komponen rasa yang sangat bau karena pengaruh dari belerang. Salah satu hasil gas yang terkenal adalah H2S.

Pemanfaatan Jengkol
Biji jengkol bisa dimakan mentah sebagai lalapan atau digoreng terlebih dahulu (biasanya dilakakukan untuk jengkol yang sudah matang atau orang sunda menyebutnya sepi) ataupun diolah seperti semur. Biji jengkol yang disemur teksturnya lunak dan empuk. Tekstur ini juga yang membuat orang suka dengan semur jengkol.Dan juga semur jengkol cenderung baunya lebih lemah daripada dimakan secara segar.Hal itu karena semur jengkol mengalami proses perendaman,perebusan. Selain mengurangi bau juga perebusan bermanfaat untuk melunakan biji.
Olahan makanan ringan dengan bahan baku jengkol kini sudah marak dipasaran.Sehingga banyak orang mengambil kesempatan ini untuk meraup keuntungan. Olahan makanan ringan seperti kripik jengkol atau kerupuk jengkol. Dalam pembuatan kripik jengkol sama halnya dengan pembuatan emping melonjo.Dari, ditumbuk atau digencet hingga pipih, dikeringkan dan digoreng panas.

Gangguan Kesehatan
Didalam jengkol terkandung asam jengkolat, yang apabila dikonsumsi berlebihan akan dapat mengakibatkan penumpukan kristal disaluran urin yang disebut “jengkolan”. dan akan menggangu proses urinasi. Karena kadar asam jengkolat yang terkandung dalam jengkol tinggi dan sukar larut pada pH yang asam.
Kemungkinan terkena jengkolan tergantung pada keadaan genetic orang yang mengkonsumsi dan lingkungan.Mengkonsumsi jengkol yang terlampau banyak dapat menyebabkan gangguan.Kalau mengkosumsi sedikit memang belum tampak gangguan yang ditimbulkan. Setiap orang memiliki system imun yang berbeda-beda yang secara alami akan merespon terhadap gangguan–gangguan yang muncul dari luar.Hal itu juga yang mempengaruhi kemungkinan seseorang untuk terkena jengkolan.Selain itu, kadar pH atau keasaman dari urin seseorang juga berpengaruh. Urin manusia ada yang asam ada yang netral.Pada urin yang asam ada kemungkinan terjadi pembentukan kristal pada ginjal. Dalam kondisi demikian akibat-akibat yang lebih gawat akan ditimbulkan. Sedangkan pada urin yang relative netral, kemungkinan terkena gangguan jengkolan lebih kecil.

Kandungan Jengkol
Factor bau dan ketakutan terhadap terkena jengkolan menjadi pertimbangan seseorang untuk mengkonsumsi jengkol. Yang harus dilakukan hanya menghindari makan jengkol dan jangan makan jengkol secara berlebihan.Hasil penelitian menunjukkan, jengkol kaya karbohidrat, protein, vitamin A, B dan C, Fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tannin, dan saponin. Bahkan, kadar protein yang terkandung dalam jengkol masih lebih tinggi dari tempe.

Referensi :
Khasiat dan Mudhorot Jengkol
Jengkol, meskipun bau, Tapi Tinggi Bergizi


Aksi

Information

One response

16 12 2010
THB Scout Community

nu bener ioeu tgh,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,kn ttu tgh ana g reseppppp he……………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: