Efek Samping Penggunaan Dan Pencegahan Bahan Pembersih,Pemutih,Pewangi,Dan Pembasmi Serangga

26 09 2010

1) Bahan Pembersih

Bahan pembersih mengandung bahan kimia antara lain natrium karbonat atau natrium hidroksida dan silica. Apabila bahan ini terminum maka dapat menimbulkan radang pada mukosa mulut dan muntah-muntah. Sedangkan yang mengandung alkyl benzene sulfonat (deterjen) akan menyebabkan alergi pada kulit sensitive. Selain itu bahan ini meruuuupakan zat pencemar air, karena sukar diuraikan oleh mikroorganisme dalam air. Untuk bahan pembersih yang mengandung PCE dapat menyebabkan asma dan alergi bahkan yang lebih parah kanker hati.
Pencegahan yang dapat dilakukan adalah menggunakan bahan pembersih sesuai dengan aturan dan memilih produk deterjen yang ramah lingkungan. Selain itu,untuk yang menggunakan PCE pakaian yang di dry clean harus diangin-anginkan dulu agar bahan kimia tersebut menguap.

2) Bahan Pemutih

Bahan pemutih yang mengandung natrium hipoklorit dapat menimbulkan radang pada mukosa mulut,muntah-muntah,iritasi pada kulit dan sakit kepala. Oleh karena itu,penggunaannya tidak boleh berlebihan dan harus sesuai dengan aturan pemakaian

3) Bahan Pewangi

Bahan pewangi yang mengandung benzeldehid dapat menyebabkan radang pada mulut,tekak,mata,kulitparu-paru dan sakit perut sedangkan yang mengandung benzyl alcohol dapat menyebabkan radang pada bagian atas system pernafasan,pusing,muntah,anemia, dan kegagalan fungsi pernafasan.

4) Pembasmi serangga/insektisida

Insektisida yang digunakan hampir setiap hari dapat merusak kesehatan penghuni rumah jika melebihi aturan pemakaian. Bahan ini mengandung racun golongan “Piretrol” yang sesungguhnya berkadar rendah dan dapat diuraikan tubuh, termasuk obat anti nyamuk baker yang merupakan ekstrak dari bunga krisan. Namun dalam dosis tertentu dapat menyebabkan gejala mual dan muntah oleh sebab itu, perlu diperhatikan cara pemakaian insektisida yang benar.Apabila menggunakan insektisida cair atau semprot, kosongkan ruangan terlebih dahulu dan biarkan selama setengah sampai satu jam agar uapnya menghilang. Aroma yang kuat dari bahan kimia ini dapat mengganggu pernafasan terutama pada penderita asma. Disamping itu, insektisida semprot harus disimpan ditempat yang aman. Hal ini disebabkan karena obat anti nyamuk aerosol atan bertekanan tinggi dapat meledak pada suhu 50 0C. Obat anti nyamuk tersebut jangan ditusuk, jangan disimpan ditempat yang panas,di dekat api atau dibuang ditempat pembakaran sampah.
Sementara itu untuk obat anti nyamuk lotion hindari pemakaian yang berlebihan,gunakan pada kulit terbuka yang tidak ditutupi pakaian bahan ini jangan digunakan langsung diwajah. Apabila terjadi iritasi hantikan pemakaian, cuci dengan air dan lakukan perawatan menurut gejala yang timbul.

smoga bermanfaat : . . .
Kalau ada yang kurang tambahin ya, di komentar
tank you !


Aksi

Information

7 responses

19 11 2010
fahmi luph nhia

bagus kaka jadi tugas saya dah selesai…..
mudah – mudahan bagus nilai nya. AMIN Ya Allah…..

14 04 2011
Vanie

aq jga kaq,,tgas q jd lengkap…
thanks ea kaq!!!!!!!!!!!

22 04 2011
Asep Ahmad J

yeappzzz….
sama”. . . N syukur lah klu dah bantu KAMU
Trus semangat belajar yeah. . .

19 04 2011
mabo

sumpah bagus banget! berguna buat tugas gue. makasih

22 04 2011
Asep Ahmad J

…thanks yach…

29 11 2011
nicole

i read your blog it is soo amaizing , i just like your blog it is soo impresive…!!
thank you very much okhay for the answer,,

1 12 2011
Asep Ahmad J

thank you very much for your visit..
i’m so happy ear it….
letter will better
i hope useful for everyone

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: